Selasa, 25 Desember 2012

TULISAN Ke-15

Nama     : Eka Sari Tilawati
Kelas     : 3EB20
NPM     : 22210296



JASA AKUNTANSI ONLINE SEBUAH INOVASI MASA KINI


Pernahkah Anda membayangkan bahwa untuk membuat laporan keuangan sebuah perusahaan, tak perlu adanya interaksi secara langsung antara pihak perusahaan dengan staf akuntansi. Yang dibutuhkan hanyalah media penghubung antara dua pihak yang berkepentingan tersebut.
Jasa akuntansi online tidak sama dengan jasa audit yang notabene kantornya disebut dengan Kantor Akuntan Publik. Bila jasa akuntansi adalah jasa dalam hal pembuatan laporan keuangan dan hal-hal yang terkait dengannya, maka jasa audit yang dilakukan oleh Kantor Akuntan Publik adalah jasa untuk memeriksa laporan keuangan. Dua-duanya memiliki fungsi yang berbeda.
Jasa Akuntansi Online?
Jasa akuntansi online yang dimaksud adalah jasa akuntansi yang diberikan oleh perusahaan jasa konsultan di bidang akuntansi kepada perusahaan-perusahaan yang membutuhkan. Jasa konsultan di bidang akuntansi yang dimaksud adalah jasa konsultan akuntansi yang meliputi jasa: pembuatan laporan keuangan, layanan pajak, dan pembenahan laporan keuangan yang kurang tepat.
Jasa akuntansi online bisa dilakukan via online. Dalam artian bisa jadi klien dari jasa konsultan akuntansi tersebut berada jauh di luar kota sehingga segala hal yang berhubungan dengan pekerjaan dilakukan secara online dengan bantuan internet.
Mungkin sebagian dari kita akan mengernyitkan dahi ketika mendengarnya. Bagaimana mungkin hal itu bisa terjadi. Bukankah transaksi semacam itu sangat rentan terlebih pembuatan laporan keuangan berhubungan erat dengan pengungkapan rahasia perusahaan. Bagaimana bila konsultan tidak bisa menjaga rahasia klien dan mempergunakannya untuk kepentingan pribadi. Hal-hal semacam itu mungkin akan muncul di benar sebagian orang ketika mendengar tentang jasa akuntansi yang bisa dilakukan secara online. Tak bisa disalahkan namun janganlah menutup kemungkinan bahwa hal yang sebelumnya tidak bisa dilakukan sekarang bisa dilakukan dan kesalahanpun bisa diminamilisir bila benar-benar berhati-hati.
Mengapa Jasa Akuntansi Online?
Adanya jasa akuntansi online sebenarnya akan menguntungkan dua belak pihak baik pihak perusahaan maupun pihak konsultan (penyedia jasa akuntansi). Mari kita bahas satu persatu apa saja keuntungan yang akan didapat dari masing-masing pihak sehubungan dengan penggunaan jasa akuntansi online.
  1. Manfaat bagi Perusahaan Pengguna (Klien atau User)
Perusahaan tak perlu merekrut pegawai atau staf yang bertugas membuat laporan keuangan. Bilapun perusahaan memiliki staf akunting maka jumlahnya tak harus banyak. Dalam hal ini, perusahaan bisa menghemat biaya untuk menggaji pegawai tetap. Perusahaan tak perlu membayar tunjangan pegawai, bonus karyawan bagian akuntansi, serta hal-hal yang berhubungan lainnya karena tugasnya sudah tergantikan oleh perusahaan jasa akuntansi online. Tak bisa dipungkiri bahwa kadang-kadang pengeluaran perusahaan terpakai untuk kapasitas menganggur. Dengan menggunakan jasa akuntansi online, perusahaan bisa menghemat biaya tetap dan mengalokasikan dana tersebut untuk kepentingan lainnya.
  1. Manfaat bagi Pihak Penyedia Jasa (Konsultan)
Sedangkan manfaat bagi perusahaan jasa akuntansi (konsultan akuntansi) yaitu tentu saja mereka bisa belajar dari banyak klien yang mereka tangani. Tak seperti staf akunting yang bertanggung jawab pada perusahaan tertentu, perusahaan jasa akuntansi online memiliki beberapa klien yang mungkin memiliki ciri dan karakter yang berbeda. Hal tersebut merupakan keuntungan tersendiri karena perusahaan jasa akuntansi online tersebut mendapat kesempatan untuk mengembangkan jaringan ke berbagai macam perusahaan dengan jenis yang berbeda. Hal tersebut bisa dikatakan cukup bagus dalam perkembangan perusahaan jasa akuntansi online ke depannya.

Tantangan yang Harus Diperhatikan
Meskipun memiliki manfaat yang cukup krusial, namun tak bisa dipungkiri bahwa keberadaan jasa akuntansi online memiliki tantangan tersendiri. Tantangan tersebut harus diperhatikan bagi siapa saja yang ingin membuka jasa akuntansi online. Beberapa tantangan tersebut di antaranya adalah:
  1. Sulitnya membangun kepercayaan terlebih kegiatan usaha yang dilakukan adalah secara online
Yang pertama tentu saja adalah masalah kepercayaan. Bagaimanapun juga, membangun kepercayaan kepada klien itu tidak mudah, terlebih bila kita sama sekali belum mengenal klien tersebut. Namun, tidak mudah bukan berarti tidak bisa dilakukan bukan. Itu sebabnya, yang harus dilakukan oleh perusahaan jasa akuntansi online adalah memastikan kepada klien bahwa perusahaannya bukanlah perusahaan fiktif. Bagaimana caranya?
  1.  
    1. Perusahaan harus memiliki website dengan keterangan yang jelas dan lengkap. Sebaiknya perusahaan tak menggunakan jasa blog gratisan karena hal tersebut akan berpengaruh kepada kepercayaan publik. Disarankan perusahaan jasa akuntansi online memiliki website tersendiri. Sekarang ini sudah banyak website berbayar yang berharga tidak terlalu mahal.
    2. Meskipun jenis perusahaannya tergolong perusahaan virtual, namun alangkah baiknya bila perusahaan jasa akuntansi online tersebut juga memiliki kantor yang dipergunakan untuk kegiatan operasional sehari-hari. Kantor tak perlu mewah yang penting rapi. Adanya kantor secara nyata akan membuat klien percaya bahwa perusahaan jasa tersebut benar-benar ada. Terlebih biasanya klien yang lokasinya tak terlalu jauh dengan perusahaan jasa tersebut akan lebih suka datang langsung kepada perusahaan.
  2. Mendapatkan klien tak semudah membalikkan telapak tangan
Bagaimana cara mendapatkan klien? Bila perusahaan jasa akuntansi online masih baru saja berdiri maka jangan membayangkan akan mendapatkan klien perusahaan besar karena biasanya perusahaan besar “benteng pertahanannya” sangat kuat dan sedikit susah ditembus pihak ketiga. Tentu saja alasannya karena mereka memiliki banyak rahasia yang tak ingin diketahui publik. Itu sebabnya, perusahaan jasa tersebut bisa memulai dari perusahaan dengan skala kecil dan menengah terlebih dahulu. Bila perlu perusahaan perseorangan. Mengapa tidak?
Banyak sekali perusahaan-perusahaan kecil menengah yang masih kacau dalam hal pelaporan keuangan. Sementara untuk menggaji staf akuntansi mereka berpikir dua kali karena harus mengeluarkan fix cost setiap bulannya. Itu sebabnya menjadikan perusahaan berskala kecil dan menengah sebagai target awal perusahaan jasa akuntansi online adalah hal yang tepat.
  1. Tim yang solid dan memiliki kemampuan yang memadai
Kemampuan para “peramu” laporan keuangan yang ada dalam perusahaan jasa akuntansi online harus bisa dipertanggungjawabkan. Itu sebabnya, demi reputasi baik perusahaan jasa akuntansi online, sudah seharusnya bila tim yang dimiliki adalah tim yang solid dan memiliki kemampuan yang bisa dipertanggungjawabkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar